PemDes Kemiri Berkolaborasi dengan Universitas Brawijaya dan Bank BRI Dorong Wisata Halal dan Bantu UMKM

  • KEMIRI.KEPANJEN
  • Jul 17, 2024

Desa Kemiri, [16-07-2024] - Dalam rangka mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa Kemiri mengadakan pertemuan dengan Dosen dan Mahasiswa Universitas Brawijaya, serta pihak Bank BRI dan para pelaku UMKM di Desa Kemiri. Pertemuan yang bertemakan "Pengabdian untuk Masyarakat" ini membahas dua topik penting, yaitu Sosialisasi Wisata Halal dan Bimbingan Teknis Pelaku UMKM untuk pendanaan dari Bank BRI.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Kepala Desa Kemiri, Bapak Wijiati beserta Perangkat Desa, Dosen Universitas Brawijaya, Bapak David Kaluge, SE., MS., M.Ec.Dev., Ph.D.; Ibu Tyas Danarti Hascaryani, SE., ME.; dan Bapak Aminnullah Achmad Muttaqin, S.H.I., M.Sc.Fin; perwakilan Bank BRI, Ibu Lucky Novarina Putri Subandi, adik-adik KKN dari Universitas Brawijaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta para pelaku UMKM Desa Kemiri. Dan Acara Sosialisasi dibuka oleh pembawa acara dari adik-adik KKN Universitas Brawijaya, Dzikra Nadiyyah Rasyidah.

Sosialisasi Wisata Halal: Membuka Peluang Baru bagi Ekonomi Desa Kemiri

Sosialisasi Wisata Halal menjadi fokus utama dalam pertemuan ini. Dengan potensi wisata alam dan budaya yang dimiliki Desa Kemiri, pengembangan Wisata Halal dinilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemerintah Desa Kemiri telah memiliki rencana untuk membangun Wisata Halal, dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat tentang konsep Wisata Halal dan manfaatnya.

Dosen Universitas Brawijaya, Bapak Aminnullah Achmad Muttaqin, S.H.I., M.Sc.Fin., dan juga adik-adik KKN dari Universitas Brawijaya Muhammad Rafi Rajendra Satoto dan Bilqis Aulia Safitri, menyampaikan materi mengenai konsep Wisata Halal, mulai dari definisi, prinsip-prinsipnya, hingga peluang pasar yang menjanjikan. Beliau juga menjelaskan berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam pengembangan Wisata Halal, seperti penyediaan fasilitas yang sesuai dengan syariat Islam, pengembangan produk-produk halal, dan promosi yang tepat sasaran.

Bimbingan Teknis Pelaku UMKM: Memperkuat Modal dan Meningkatkan Kapasitas Usaha

Selain Sosialisasi Wisata Halal, pertemuan ini juga membahas tentang Bimbingan Teknis Pelaku UMKM untuk pendanaan dari Bank BRI. Perwakilan Bank BRI, Ibu Lucky Novarina Putri Subandi, memaparkan berbagai program dan produk pembiayaan yang ditawarkan Bank BRI untuk mendukung UMKM di Desa Kemiri. Beliau juga memberikan tips dan strategi bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas usaha dan mengelola keuangan dengan baik.

Para pelaku UMKM Desa Kemiri menyambut baik informasi dan bimbingan yang diberikan. Mereka antusias untuk mengikuti program-program pengembangan UMKM yang ditawarkan oleh Bank BRI.

Sinergi Pemerintah, Akademisi, dan Swasta untuk Kemajuan Desa Kemiri

Pertemuan ini merupakan wujud nyata sinergi antara Pemerintah Desa Kemiri, Universitas Brawijaya, dan Bank BRI untuk mendorong kemajuan Desa Kemiri. Dengan kolaborasi yang kuat, diharapkan program-program yang dijalankan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Desa Kemiri, khususnya dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan.

Pemerintah Desa Kemiri berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan Wisata Halal dan UMKM di desa. Diharapkan dengan dukungan dari berbagai pihak, Desa Kemiri dapat menjadi desa yang maju dan sejahtera, serta menjadi contoh bagi desa-desa lain di sekitarnya.