Digitalisasi : Mahasiswa MMD UB Kelompok 114 Melatih Murid SDN 2 Kemiri dalam Menggunakan Canva

  • KEMIRI.KEPANJEN
  • Aug 20, 2023

Kelompok 114 MMD di Desa Kemiri, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang melaksanakan 1 dari 12 program kegiatan mereka, yakni pelatihan canva kepada murid SDN 2 Kemiri.  

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui digitalisasi kepada murid SDN 2 Kemiri. Kegiatan bermanfaat untuk meluaskan pengetahuan dan mengenalkan murid-murid terhadap teknologi digital yang salah satunya adalah aplikasi Canva. Aplikasi ini dapat menjadi wadah pelatihan kreatifitas murid-murid SD. Dalam penerapannya, Canva memiliki fitur yang cukup mudah dipahami dan ramah untuk pemula karena dapat menggunakan berbagai macam desain grafis yang mana sudah tersedia dalam Canva.

Kegiatan pelatihan canva ini dilaksanakan di ruang kelas 6, SDN 2 Kemiri dengan Vanya sebgai pemateri dalam program ini dan rekan-rekan lain sebagai pendamping murid-murid selama kegiatan. Ada 4 sesi dalam kegiatan ini, yaitu sesi perkenalan, sesi materi, sesi kuiz, sesi pembuatan poster, dan sesi penutupan.

Kendala dalam pelaksanaannya adalah kurangnya fasilitas komputer atau laptop sehingga murid harus dibagi menjadi 9 kelompok yang berisi 2-3 orang. Hal ini menghambat kemandirian murid-murid dalam eksplorasi kreatifitas ketika berlatih menggunakan Canva karena harus satu keinginan dengan anggota kelompoknya. Meskipun begitu, hal itu tidak menutup pintu kreatifitas murid-murid terutama saat sesi membuat poster. Murid-murid dengan didampingi rekan-rekan kelompok 114 bisa membuat poster yang menarik.